Stop Bullying! Ini Cara Tepat Mengatasi Bullying di Sekolah

No Comments Uncategorized
Stop Bullying! Ini Cara Tepat Mengatasi Bullying di Sekolah

Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa semuanya pernah menjadi korban bullying. Namun biasanya bullying lebih sering terjadi di kalangan anak-anak hingga remaja di sekolah. Bullying terjadi di saat seorang anak mengusik, mengancam, merundung anak lain yang biasanya lebih lemah darinya. Stop bullying sekarang juga tidak peduli di sekolah atau dimanapun.

Stop Bullying di Sekolah, Ini Cara Melakukannya

Bullying yang terjadi di sekolah harus diatasi dengan serius, karena bukan hanya memengaruhi mental anak, namun juga dapat membuat prestasi belajar dan kemauannya untuk sekolah menurun. Sebagai orang tua, Anda harus tahu bagaimana cara tepat mengatasi bullying yang terjadi pada anak Anda di sekolah.

Berikut beberapa cara mengatasi bullying di sekolah yang bisa Anda terapkan sebagai orang tua.

1. Beri Perhatian Kepada Anak

Anak yang menerima bullying di sekolah, mungkin akan merasa takut untuk menceritakan apa yang mereka alami di sekolah kepada orang tua. Untuk itu, orang tua harus terus memerhatikan semua perubahan yang ada pada anak. Karena biasanya anak yang menjadi korban bullying akan menunjukkan perubahan dan tanda-tanda seperti penurunan nilai pada hampir setiap mata pelajaran, enggan datang ke sekolah karena takut di bully, lebih sering terlihat murung dan menyendiri.

2. Luangkan Waktu untuk Berbicara dengan Anak

Banyak penelitian yang mengungkapkan jika orang tua adalah orang terakhir yang mengetahui perundungan pada anak mereka. Agar hal itu tidak terjadi, luangkan waktu untuk berbicara pada anak Anda setiap hari khususnya hari dimana mereka sekolah. Tanyakan pada anak Anda, apa saja kegiatan mereka hari ini, apa ada kejadian tertentu di sekolah atau apakah kegiatan mereka selama di sekolah menyenangkan.

3. Memberi Pemahaman Mengenai Bullying

Anak-anak khususnya usia prasekolah atau sekolah dasar mungkin masih belum memahami betul apa itu bullying. Anda sebagai orang tua, harus memberikan pemahaman kepada anak mengenai apa itu bullying, hal apa saja yang termasuk bentuk bullying dan beritahu anak Anda jika bullying adalah tindakan tercela.

Ajarkan juga anak-anak Anda untuk belajar menangani bullying yang menimpa mereka dengan meminta mereka memberitahu kepada orang dewasa seperti guru, atau meminta pelaku bullying untuk berhenti dengan suara tegas. Selain itu, penting juga untuk mengajari anak untuk turut melaporkan kepada guru dan turut membantu jika melihat teman mereka menjadi korban bullying.

4. Libatkan Orang Tua Lainnya

Anda bisa melibatkan orang tua lainnya untuk membuat komunitas atau program stop bullying! Guna mencegah dan mengatasi jika ada siswa yang menjadi korban dan pelaku bullying. Anda bisa membuat pertemuan setiap sebulan sekali untuk membahas mengenai bullying. Dan Anda juga bisa mengajak serta pihak sekolah untuk membuat acara bertema bullying di sekolah agar semakin banyak anak-anak di sekolah yang sadar jika bullying adalah sikap tercela yang bisa menyakiti orang lain.

5. Laporkan Tindakan Bullying

Jika anak Anda menjadi korban bullying di sekolah, jangan pernah bertindak sendiri. Anda harus melaporkan kejadian yang menimpa anak Anda ke pihak sekolah. Minta pihak sekolah untuk melakukan mediasi dengan pelaku bullying serta orang tuanya dan menyelesaikan masalah bullying tersebut agar tidak terulang di kemudian hari.

Dan jika anak Anda mengalami bullying fisik, maka kumpulkan bukti-bukti yang ada seperti foto memar atau luka di tubuh anak Anda untuk dapat bisa melaporkan ke pihak berwajib jika pihak sekolah tidak bisa mengatasinya dan memberikan hukuman setimpal pada pelaku bullying.

Stop bullying sekarang juga. Apapun bentuknya, bullying adalah tindakan tercela yang harus segera dihentikan. Karena bullying bisa memberikan dampak negatif hingga anak-anak yang menjadi korban tumbuh dewasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *