Sangobion Kapsul: Kegunaan, Aturan Pakai, dan Efek Samping

sangobion kapsul

Zat besi merupakan mineral penting yang dibutuhkan tubuh. Setiap sel dalam tubuh manusia mengandung dan membutuhkan zat besi agar bisa berfungsi dengan baik. Salah satu peran penting zat besi adalah memproduksi sel darah merah yang berfungsi mengantarkan oksigen ke seluruh tubuh.

Zat besi bisa ditemukan di berbagai makanan, terutama daging merah dan kacang-kacangan. Namun beberapa orang butuh mengonsumsi suplemen penambah darah seperti Sangobion kapsul agar terhindar dari anemia. 

Kandungan dalam Sangobion Kapsul

Sangobion kapsul salut selaput merupakan suplemen penambah darah yang cukup sering direkomendasikan bagi pasien anemia defisiensi zat besi atau ibu hamil. Suplemen ini memiliki kandungan Ferro glukonat (senyawa setara zat besi) 250 mg dan diperkaya dengan mineral dan vitamin penting lainnya seperti:

  • Mangan sulfat 0,2 mg
  • Tembaga sulfat 0,2 mg
  • Asam folat 1 mg 
  • Vitamin B12 7,5 mcg
  • Vitamin C 50 mg

Sangobion Kapsul untuk Siapa?

Sangobion kapsul dikhususkan untuk pasien anemia yang disebabkan karena kekurangan zat besi dan wanita hamil. Wanita yang sering mengalami nyeri haid parah juga bisa mengonsumsi suplemen ini. 

Namun jika Anda dalam kondisi sehat dan tidak menderita anemia defisiensi zat besi, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsi suplemen penambah darah.

Manfaat dan Kegunaan Sangobion Kapsul

Sangobion kapsul memiliki manfaat utama untuk memenuhi kebutuhan zat besi, membantu meningkatkan produksi sel darah merah (hemoglobin), serta mengurangi gejala anemia defisiensi zat besi. Sangobion kapsul juga dapat membantu memenuhi kebutuhan vitamin B12, vitamin C, dan asam folat harian. 

Beberapa manfaat lain dari zat besi dalam Sangobion kapsul yaitu:

  1. Mengurangi Kelelahan

Kelelahan ekstrem merupakan salah satu tanda Anda kekurangan anemia. Tapi ada juga yang sering merasa lelah ketika beraktivitas walaupun mereka tidak mengalami anemia. Hal ini sering terjadi pada wanita pra-menopause. 

Kelelahan bisa disebabkan karena kadar zat besi dalam tubuh rendah. Mengonsumsi makanan kaya zat besi, suplemen zat besi, atau memasak di atas panci besi cor dapat meningkatkan kadar zat besi Anda.

  1. Meningkatkan Daya Tahan Otot

Salah satu peran zat besi yaitu terlibat dalam metabolisme otot. Zat besi yang cukup akan meningkatkan produksi sel darah merah dan pengiriman oksigen ke otot lebih mudah. Ketika kadar zat besi menurun, kontraksi dan daya tahan otot menjadi lemah serta jaringan otot meradang.

  1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Zat besi termasuk salah satu mineral yang berfungsi memperkuat sistem kekebalan tubuh. Zat besi terlibat dalam memproduksi hemoglobin, menyediakan oksigen ke sel, jaringan, dan organ yang semuanya diperlukan tubuh dalam melawan penyakit dan infeksi. Karena itu, kekurangan zat besi dapat membuat tubuh rentan terhadap penyakit dan memperlambat proses penyembuhan.

Selain itu, zat besi juga diklaim dapat meningkatkan konsentrasi, mengurangi memar, dan membuat tidur lebih nyenyak.

Dosis dan Aturan Pakai

Sangobion kapsul bisa dikonsumsi 1 kali sehari setelah makan atau sesuai dengan anjuran dokter.

Apakah Ada Efek Samping Meminum Sangobion Kapsul?

Biasanya, efek samping setelah mengonsumsi suplemen zat besi adalah sakit perut dan sembelit. Beberapa orang yang mengonsumsi Sangobion kapsul mungkin juga mengalami mual, muntah, diare, penurunan nafsu makan, dan tinja berwarna lebih gelap. Namun efek samping ini ringan dan akan hilang dengan sendirinya. 

Efek samping parah yang disebabkan oleh overdosis suplemen zat besi adalah kejang-kejang, pendarahan internal, koma, bahkan kematian. Karena itu konsumsilah Sangobion kapsul sesuai dengan dosis yang dianjurkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *