Benarkah Yoghurt Plain Lebih Baik untuk Program Diet?

yoghurt plain

Yogurt adalah produk susu fermentasi yang dinikmati di seluruh dunia sebagai sarapan atau makanan ringan. Selain itu, yoghurt plain sering dikaitkan dengan kesehatan tulang dan manfaat pencernaan yang luar biasa. Beberapa orang bahkan mengklaim bahwa yoghurt plain dapat mendukung penurunan berat badan. Akan tetapi, benarkah pernyataan tersebut?

Faktanya, yogurt bukanlah komponen utama dalam kunci kesuksesan diet Anda. Anda tetap harus mengonsumsi yoghurt plain beserta aktivitas penunjang seperti olahraga. Orang yang rutin mengonsumsi yoghurt plain, makanan sehat dan olahraga rutin terbukti kehilangan 1–2,5 kg selama 14 hari. Diet ini mengharuskan Anda makan yogurt plain setidaknya dua kali sehari. Aturannya termasuk instruksi khusus untuk makanan dan camilan:

– Sarapan dan makan siang: 1 wadah yogurt plan, 1 cangkir (sekitar 90 gram) biji-bijian, dan 1 porsi buah.

– Makan malam: 6 ons (sekitar 170 gram) protein tanpa lemak, 2 cangkir (sekitar 350 gram) sayuran, dan sedikit lemak, seperti saus salad atau mentega.

– Camilan: 1 cangkir (sekitar 175 gram) sayuran mentah atau 1/2 cangkir (sekitar 78 gram) sayuran matang, serta 3 porsi susu bebas lemak.

Diet tersebut berfokus untuk mengurangi asupan kalori Anda menjadi 1.200 kalori per hari dan merekomendasikan agar Anda meningkatkan aktivitas fisik dengan berjalan kaki minimal 30-40 menit setiap hari. 

Ahli gizi, Ana Luque mempromosikan pola makan yang disebut diet yogurt. Ia menuliskan dalam bukunya, bahwa yoghurt adalah rahasia untuk menurunkan berat badan dan mendukung kesehatan secara keseluruhan.

Secara khusus, ia menyatakan bahwa probiotik dalam yogurt membantu mengobati obesitas, intoleransi laktosa, masalah pencernaan, refluks asam, sindrom iritasi usus besar (IBS), alergi, diabetes, penyakit gusi, infeksi jamur, metabolisme lambat, dan bisul.

Buku ini juga mencakup diet detoks 5 minggu yang melibatkan makan beberapa porsi yogurt setiap hari. Diet ini juga membantu Anda mengatasi masalah pencernaan dan intoleransi laktosa.

Yoghurt dianggap sebagai sumber kalsium yang sangat baik, dalam 1 cangkir (245 gram) menyediakan sekitar 23% kalsium yang dibutuhkan tubuh per harinya. Kalsium adalah mineral penting yang penting untuk kesehatan tulang. 

Dalam sebuah studi mengungkapkan bahwa kadar kalsium darah yang lebih tinggi dapat mengurangi pertumbuhan sel lemak, pengurangan berat badan dan massa lemak yang signifikan. 

Selain itu, yoghurt plain juga memiliki kandungan protein yang dapat membantu penurunan berat badan dengan berbagai cara. 

Mengatur hormon lapar

Asupan protein yang tinggi dapat meningkatkan kadar beberapa hormon penurun nafsu makan. Hal ini juga mengurangi kadar hormon lapar ghrelin.

Meningkatkan metabolisme

Diet protein tinggi dapat meningkatkan metabolisme dan membantu Anda membakar lebih banyak kalori sepanjang hari.

Membuat Anda merasa kenyang

Meningkatkan asupan protein telah terbukti meningkatkan perasaan kenyang dan kepuasan. Dengan demikian, diet protein tinggi secara alami dapat mendorong Anda untuk mengonsumsi lebih sedikit kalori sepanjang hari.

Membantu menjaga massa otot selama penurunan berat badan

Di samping asupan kalori yang berkurang, diet protein tinggi dapat membantu menjaga massa otot sambil meningkatkan penurunan lemak, terutama bila dikombinasikan dengan latihan ketahanan. Satu cangkir (245 gram) yogurt menawarkan mulai dari 8 gram protein. 

Selain itu, yogurt plain adalah sumber probiotik yang memiliki bakteri baik dan menguntungkan untuk mendukung kesehatan usus. Probiotik – terutama yang mengandung bakteri Lactobacillus, yang umum dalam yogurt – dapat membantu Anda menurunkan berat badan dan lemak perut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *