Beberapa Spray dan Lotion Anti Nyamuk Untuk Bayi

Apakah Anda khawatir nyamuk menggigit dan melukai bayi? Menggunakan spray dan lotion anti nyamuk untuk bayi yang memiliki kulit sensitif mungkin merupakan hal yang menakutkan. Anda khawatir seputar reaksi alergi dan apakah bahan-bahan yang terkandung di dalam spray dan lotion anti nyamuk untuk bayi aman bagi si kecil. Namun, Anda juga tidak ingin anak mendapatkan gigitan dari serangga dan nyamuk yang dapat menularkan penyakit seperti penyakit Lyme dan virus Zika, atau bahkan demam berdarah yang berbahaya. 

Lotion anti nyamuk untuk bayi membantu melindungi si Kecil dari penyakit seperti malaria dan demam berdarah

Untungnya, saat ini ada banyak produk spray dan lotion anti nyamuk untuk bayi. Produk-produk tersebut telah diformulasikan secara khusus aman untuk kulit bayi yang masih sensitif namun tetap mampu memberikan perlindungan dari serangga dan nyamuk yang mengganggu. Adapun produk spray dan lotion anti nyamuk untuk bayi di antaranya berikut ini.

  • Picaridin

Versi sintetis dari sebuah bahan yang ditemukan di tanaman lada, picaridin adalah produk anti serangga dan nyamuk baru yang banyak tersedia di pasaran Amerika Serikat saat ini. Produk ini telah diuji secara ekstensif aman digunakan untuk mereka yang berusia di atas 2 bulan. Bahkan di Australia dan Eropa, picaridin merupakan spray dan lotion anti nyamuk untuk bayi pilihan. Produk ini tersedia dalam larutan 5 persen, 10 persen, dan 20 persen. 

Picaridin dengan konsentrasi 20 persen dapat melindungi tubuh dari nyamuk, kutu, dan lalat selama 8 hingga 14 jam, sementara larutan 10 persen dapat melindungi selama 5 hingga 12 jam. Picaridin juga tidak lengket, tidak berbau menyengat, dan tidak beracun. Karakteristik ini membuat produk picaridin pilihan yang lebih baik dibandingkan dengan DEET. Akan tetapi, picaridin dapat menyebabkan iritasi mata, dan hampir tidak penelitian jangka panjang terhadap efek picaridin pada manusia. Oleh karena alasan inilah mengapa DEET masih menjadi produk pilihan para tenaga medis profesional, karena telah diuji dan diteliti secara ekstensif seputar efektivitas dan keamanannya. 

  • Minyak lemon eucalyptus (OLE)

Minyak ini terbuat dari ekstrak daun pohon lemon eucalyptus. Yang kemudian diproses untuk meningkatkan level zat yang terjadi secara alami mengusir serangga. Minyak lemon eucalyptus berbeda dengan minyak esensial lemon eucalyptus yang belum diuji dan disetujui penggunaanya oleh EPA sebagai lotion anti nyamuk untuk bayi. Beberapa orang lebih menyukai OLE karena ini merupakan produk berbahan tanaman yang alami dan efektif melindungi si kecil dari gigitan serangga selama 6 jam. Namun, produk ini tidak diberi label boleh digunakan untuk anak usia di bawah 3 tahun, sehingga CDC hanya merekomendasikan penggunaan minyak ini untuk anak usia 3 tahun saja. 

Selain menggunakan lotion anti nyamuk untuk bayi, ada cara non-kimiawi lainnya untuk melindungi si kecil dari gigitan serangga dan penyakit. Misalnya, Anda bisa memastikan anak memakai pakaian lengan panjang dan celana panjang yang ringan, menutup kaki dengan kaus kaki, dan pastikan pakaian tersebut tidak berwarna cerah (warna cerah dapat menarik perhatian serangga). Anda juga perlu menghindari memakai sabun berpewangi dan hindari daerah di mana terdapat genangan air. Jika Anda bepergian di daerah di mana terdapat banyak serangga, gunakan permethrin pada pakaian dan perlengkapan. Permethrin merupakan sebuah insektisida yang aman digunakan untuk pakaian si kecil dan permukaan lainnya. Namun, jangan oleskan permethrin langsung pada kulit si kecil. Untuk informasi lanjut seputar produk lotion anti nyamuk untuk bayi, konsultasi dengan dokter anak Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *