Begini Cara Memulai Untuk Baby-led weaning

Begini Cara Memulai Untuk Baby-led weaning

Selama enam bulan pertama kehidupan anak Anda, Anda akan menyusui, atau memberikan bayi Anda ASI atau susu formula dalam botol. Setelah enam bulan pertama, para ahli merekomendasikan untuk melanjutkan menyusui, ASI, atau susu formula selama satu tahun atau lebih, tetapi dengan tambahan makanan padat. Secara tradisional, ketika bayi sudah siap untuk memulai makanan padat, orang tua akan mulai dengan pure dan sendok. Tapi, sekarang, semakin banyak keluarga yang mengambil pendekatan berbeda yang disebut baby-led weaning.

Apa itu Baby-Led Weaning?

Ketika bayi sudah siap untuk disapih dari ASI atau susu formula ke makanan padat, bukan berarti bayi siap untuk berhenti minum susu botol atau payudara.

Menyapih bergerak atau berkembang dari satu jenis menyusui ke yang lain, dan itu adalah proses bertahap. Perubahan dari ASI atau susu formula menjadi makanan padat bisa memakan waktu berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun.

BLW adalah salah satu cara untuk menambahkan makanan padat ke dalam diet anak Anda. Alih-alih memulai sereal beras dan puree antara usia empat dan enam bulan, dengan penyapihan yang dipimpin bayi, Anda mulai saat anak Anda berusia enam bulan dan langsung beralih ke makanan yang dapat diberikan sendiri oleh bayi Anda.

Manfaat BLW

Penyapihan yang dipimpin oleh bayi menjadi populer karena berbagai alasan. Berikut adalah beberapa manfaat untuk melewatkan pure dan langsung membiarkan bayi Anda makan sendiri makanan jari.

  • Ini Membantu Perkembangan Anak Anda

Makan sendiri membantu mengembangkan keterampilan motorik anak, koordinasi tangan-mata, dan kelincahan.

  • Ini Mengajarkan Pengaturan Diri

Orang tua terkadang memaksa anak untuk makan lebih banyak dari yang mereka butuhkan. Memberi makan sendiri memungkinkan bayi makan sebanyak atau sesedikit yang dia inginkan dan belajar ketika dia lapar dan kenyang. Ini juga dapat membantu mencegah makan berlebihan dan obesitas di kemudian hari.

  • Lebih Mudah Bagi Orang Tua

Karena Anda dapat memberikan variasi makanan yang ramah bayi kepada anak Anda yang dimakan keluarga Anda, Anda tidak perlu membuat makanan bayi sendiri dengan menumbuk makanan atau menggunakan pengolah makanan. Anda juga tidak perlu berurusan dengan stoples berisi pure yang dibeli di toko dengan kombinasi rasa menarik yang tidak terlihat atau berbau menggugah selera.

  • Ini Baik untuk Bayi Anda

BLW dapat mengurangi kemungkinan anak Anda menjadi pemilih makanan dan mendorong kebiasaan makan yang sehat di masa depan.

  • Ini Memungkinkan Anak Berpartisipasi dalam Makan Keluarga 

Bayi dapat duduk di meja dan makan bersama anak-anak dan orang dewasa lainnya. Dia bisa makan makanan yang sama dengan anggota keluarga lainnya selama makanan itu ramah bayi dan tidak terlalu panas, terlalu pedas atau bahaya tersedak.

  • Menghemat Uang

Makanan bayi mahal. Jadi, ketika bayi Anda bisa makan banyak makanan yang Anda dan keluarga Anda makan, itu bisa menghemat satu paket untuk semua toples kecil makanan bayi itu.

  • Menghemat Waktu

Jika Anda berencana membuat pure sendiri, ini akan menghemat waktu di dapur untuk menyiapkan dan membekukan makanan untuk anak Anda. Plus, meskipun Anda masih harus berada di sana untuk menonton, membiarkan anak Anda makan sendiri membebaskan Anda untuk makan, membantu anak lain, mulai membersihkan, atau hanya duduk dan istirahat sebentar.

  • Ini Mendorong Kebiasaan Makan Keluarga yang Lebih Baik

Saat Anda menimbun makanan jari yang sehat untuk bayi Anda, anggota keluarga lainnya akan memiliki makanan jari yang sehat untuk diambil sebagai camilan alih-alih meraih junk food, keripik, atau alternatif lain.

Mulai BLW

Baby-led weaning dapat dimulai ketika anak Anda berusia sekitar enam bulan. Anda sebaiknya menunggu sampai anak Anda siap untuk mulai makan sendiri. Pada usia enam bulan, sebagian besar bayi dapat duduk sendiri, mengambil potongan makanan, dan mencoba makan. Namun, beberapa bayi membutuhkan sedikit lebih banyak waktu dan belum cukup siap untuk makan sendiri sampai tujuh atau delapan bulan. Anak Anda mungkin juga membutuhkan lebih banyak waktu jika ia lahir prematur.

Kiat untuk Sukses Baby-Led Weaning

Bayi Anda mungkin mencoba mengambil makanan dari piring Anda sebelum Anda siap untuk memberinya makanan padat. Atau, dia mungkin tidak tertarik untuk mengambil apapun yang Anda taruh di nampan kursi tingginya bahkan setelah dia berusia enam bulan. Setiap anak berbeda. Dengan BLW, Anda membiarkan anak Anda yang memimpin. Berikut adalah beberapa tips untuk membantu Anda dan anak memulai penyapihan yang dipimpin bayi.

  • Jangan Mulai Terlalu Awal

Tunggu sampai anak Anda siap untuk makan sendiri. Dia harus bisa duduk sendiri di kursi tinggi dan membawa makanan ke mulutnya.

  • Mulailah Dengan Sesuatu yang Mudah

Makanan lunak, abon, dan mudah dimakan yang cocok untuk pemula termasuk sereal yang digembungkan, daging suwir yang lembut, buah yang matang, pasta yang dimasak, dan sayuran yang dimasak dalam potongan-potongan kecil.

  • Potong Semuanya

Pastikan semuanya cukup kecil untuk diambil dengan jari kecil dan tidak terlalu besar untuk dikunyah. Pastikan potongannya tidak terlalu kecil karena ketangkasannya tidak berkembang dengan baik.

  • Pilih Makanan Bergizi

Pilih makanan utuh daripada makanan olahan dan makanan sehat daripada camilan. Cheerios baik-baik saja, tetapi jika Anda memulai hanya dengan kue dan biskuit, anak Anda mungkin tidak menerima makanan yang lebih sehat saat Anda menawarkannya

  • Tambahkan Makanan Baru Secara Perlahan

Ini harus dilakukan setiap beberapa hari, seperti halnya dengan pure. Jika alergi berkembang, lebih mudah untuk mengetahui makanan mana yang menyebabkannya jika Anda menambahkannya satu per satu. Jika ada alergi makanan yang berjalan di keluarga Anda, berhati-hatilah dengan makanan tertentu. Anda mungkin juga ingin mengawasi anak Anda dengan hati-hati setelah memperkenalkan selai kacang, kerang, dan makanan lain yang biasanya menyebabkan alergi.

  • Selalu Awasi Anak Anda

Pada awalnya, anak Anda mungkin memerlukan sedikit bantuan untuk memasukkan makanan ke dalam mulutnya. Dia bahkan mungkin tersedak atau tersedak sedikit. Bahkan ketika anak Anda semakin nyaman, dia masih membutuhkan pengawasan dan pendampingan Anda. Tetap bersama anak Anda untuk membantu jika diperlukan.

  • Jangan Terburu-buru Makan

Biarkan anak Anda meluangkan waktu untuk makan. Terutama di awal, ketika dia belajar bagaimana melakukannya. Butuh beberapa saat untuk melewati makanan. Itulah bagaimana Baby-led weaning.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *