Anak Gagap? Segera Terapi Wicara di RS Harapan SehatiRS Harapan

Sehati berikan layanan terapi wicara untuk anak-anak yang mengalami keterlambatan bicara ataupun gagap.

Jl. Tegar Beriman No.9F, Bojong Baru, Kec. Bojong Gede, Bogor, Jawa Barat 16920

RS Harapan Sehati menyediakan salah satu perawatan untuk anak-anak yang terlambat bicara atau gagap dalam waktu cukup lama. Kondisi ini bisa disebabkan karena banyak faktor dan karakteristik yang membuat penyebabnya berbeda-beda, abik dari segi biologis maupun lingkungan. Seperti halnya keterampilan dan pencapaian lainnya, usia anak-anak mulai berbicara dapat bervariasi. 

Perbedaan-perbedaan ini tidak selalu merupakan indikasi yang jelas tentang apa pun. Beberapa anak mungkin kesulitan berbicara dan menelan sejak usia dini dan ini akan mengkhawatirkan setiap orang tua. Jadi, jika Anda mulai panik, segera lakukan terapi wicara di RS Harapan Sehati. 

Apa itu terapi wicara?

Kebanyakan orang berpikir tentang terapi wicara hanya membantu dengan tindakan literal berbicara. Meskipun ini adalah komponen utama dari terapi wicara, akan tetapi terapi ini juga memiliki aspek penting lainnya seperti gangguan bahasa dan keterampilan sosial. Banyak anak sering dianggap ‘non-verbal’ dalam mengekspresikan keinginannya. Anak-anak ini dapat memperoleh manfaat besar dari terapi wicara karena mereka masih harus mampu berkomunikasi secara efektif dan mempelajari dasar-dasar bahasa untuk mempersiapkan mereka dalam kehidupan.

Penyebab keterlambatan bicara

Keterlambatan bicara dapat memiliki beberapa penyebab atau alasan. Gangguan mulut termasuk masalah dengan lidah atau langit-langit mulut atau lipatan yang lebih pendek di bawah lidah dapat membatasi gerakan lidah, itulah beberapa alasan yang mungkin memengaruhi kemampuan berbicara. Kondisi ini juga dapat menyebabkan masalah motorik-oral dan terjadi jika ada beberapa keterlambatan di area otak yang bertanggung jawab untuk berbicara.

Tanda-tanda anak mengalami keterlambatan bicara-bahasa

Banyak orang tua sering bertanya-tanya apakah anak mereka memerlukan terapi wicara di RS Harapan Sehati atau apakah mereka mengalami keterlambatan tumbuh kembang? Mengunjungi ahli patologi wicara akan membantu mengidentifikasi masalah yang ada. Bayi yang tidak merespon suara atau vokal biasanya harus segera diperiksakan ke dokter. 

Berikut adalah beberapa tanda yang mungkin memperjelas jika anak Anda mungkin memerlukan terapi wicara di RS Harapan Sehati.

– Pada usia 12 bulan, anak Anda tidak menggunakan gerakan apa pun atau melambaikan tangan sampai jumpa

– Pada usia 18 bulan lebih suka gerak tubuh daripada bersuara

– Pada usia 18 bulan mengalami kesulitan meniru suara

– Pada usia 2 tahun tidak menghasilkan kata atau frasa secara spontan

Terapi wicara akan memeriksa beberapa hal sebelum mendiagnosis anak Anda mengalami gangguan bicara.

– Kapasitas anak untuk memahami bahasa

– Kemampuan anak saat ini untuk berbicara

– Seberapa jelas anak berkomunikasi

– Status motorik-oral anak

Manfaat terapi wicara

Ada banyak manfaat bagi anak saat ia menggunakan terapi wicara. Terapi wicara profesional di RS Harapan Sehati akan melatih anak yang akan membantu memperkuat otot bicara mereka dan akan membantu mereka belajar membentuk suara dengan benar. Ada juga aspek lain dari terapi wicara yang akan bermanfaat bagi anak dalam hal kemampuan mereka untuk berkembang secara sosial. Hal ini mungkin berlaku untuk anak-anak dengan autisme yang sering berjuang dengan isyarat sosial. 

Terapi wicara secara keseluruhan memiliki berbagai manfaat termasuk:

– Pengembangan keterampilan percakapan yang membantu anak dalam interaksi dengan orang lain termasuk orang dewasa dan anak-anak sebaya

– Kemampuan anak untuk mengungkapkan pikiran, ide, dan perasaan

– Pemahaman mereka tentang isyarat sosial untuk mengatur percakapan sendiri self

– Kejelasan ucapan dan artikulasi

– Keterampilan komunikasi non-verbal termasuk bahasa tubuh

Terapi wicara membantu anak-anak berhenti gagap. Jika anak Anda mengalami masalah kegagapan ringan atau parah, hal itu mungkin sangat mempengaruhi kepercayaan diri dan kemampuan mereka untuk berhubungan dengan orang lain. Gagap akan mempengaruhi kemampuan mereka untuk berbicara dengan lancar dan jelas. 

Meningkatkan rasa percaya diri dan menghilangkan kecemasan. Banyak anak yang memiliki masalah perkembangan bicara akan mengembangkan masalah dengan harga diri, kepercayaan diri, kemampuan untuk berhubungan dengan teman sekelas, dan bahkan kecemasan. 

Masalah-masalah ini dapat memperburuk kesulitan belajar berkomunikasi dengan orang lain di usia dini. Jika masalah kecemasan sosial berlarut-larut, hal ini dapat memengaruhi kenyamanan anak untuk pergi ke sekolah atau ditempatkan dalam situasi sosial. Dengan bantuan ahli patologi sosial di RS Harapan Sehati, anak Anda dapat belajar bagaimana mengatasi masalah ini dan menjadi nyaman dalam berkomunikasi dengan orang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *