Tips, Fitur, dan Cara Merawat Alat Bantu Dengar

No Comments Uncategorized
Tips, Fitur, dan Cara Merawat Alat Bantu Dengar

Gangguan pada fungsi pendengaran dapat membuat Anda kesulitan dalam berkomunikasi. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena gangguan ini dapat diatasi dengan alat bantu dengar, yaitu sebuah perangkat elektronik kecil yang biasanya ditempatkan di belakang atau dalam telinga agar Anda dapat mendengar dengan jelas. 

Tips memilih alat bantu dengar

Tersedia dalam berbagai jenis, Anda tentunya harus memilih alat bantu pendengaran yang sesuai dengan kondisi dan budget. Apabila masih bingung bagaimana cara memilihnya, ikuti tips berikut ini.

Periksa ke Dokter

Sebelum memilih alat bantu dengar, sebaiknya Anda sudah memeriksakan kondisi telinga Anda ke dokter THT agar mengetahui penyebab gangguan pada telinga Anda dan menentukan jenis perawatan yang tepat. 

Pilihlah Ukuran yang Pas

Setelah berkonsultasi dan mendapat rekomendasi jenis alat bantu dengar yang sebaiknya digunakan dari dokter, barulah Anda bisa membelinya.

Pada saat membeli, pastikan Anda memilih ukuran yang pas di telinga agar nyaman saat digunakan. Biasanya penjual akan memberikan jangka waktu tertentu sebagai masa percobaan. Selain itu, pastikan juga memilih jenis alat bantu pendengaran yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda.

Saat ini tersedia 5 jenis alat bantu dengar yang bisa Anda pilih, antara lain BTE (Behind the Ear), ITE (In the Ear), ITC (In the Canal), dan CIC (Completely In Canal). 

Pilih yang Sesuai Budget

Semakin banyak dan lengkap fitur sebuah alat bantu dengar, maka harganya pun akan semakin mahal. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena belum tentu semua fitur yang ditawarkan sesuai dengan kebutuhan Anda. Beberapa mungkin hanya sebagai tambahan saja. Jadi, pilihlah alat bantu pendengaran dengan fitur yang sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda. 

Jika bingung menentukan fitur apa yang tepat dan sesuai budget, Anda bisa konsultasikan pada dokter.

Fitur pada Alat Bantu Dengar

Umumnya alat bantu pendengaran terdiri dari 3 komponen, yaitu microphone yang berfungsi untuk menangkap suara dan mengirimkannya ke amplifier untuk diubah menjadi sinyal listrik sehingga menghasilkan suara yang lebih keras dan mengirimkannya ke speaker sebagai komponen yang akan mengirimkan suara ke telinga. Seiring dengan perkembangan teknologi, saat ini banyak merek yang menawarkan alat bantu pendengaran dengan berbagai fitur menarik. Berikut beberapa fitur yang biasanya terdapat pada alat ini.

Pengurang Kebisingan

Lingkungan yang berisik terkadang membuat sulit untuk mendengarkan. Untuk mengatasi masalah ini, beberapa alat bantu pendengaran dilengkapi dengan teknologi yang dapat mengatur suara berisik di sekitar Anda. Alhasil, Anda dapat mendengarkan dengan jelas.

Mikrofon Directional

Selain dilengkapi fitur pengurang kebisingan, alat bantu pendengaran juga dilengkapi dengan fitur mikrofon directional yang membantu Anda untuk bisa lebih fokus mendengarkan dengan cara mengecilkan suara lain di sekitar Anda. 

Baterai Isi Ulang

Beberapa alat pendengaran ada yang menggunakan baterai primer (baterai sekali pakai) dan baterai sekunder (baterai isi ulang). Penggunaan baterai isi ulang dianggap lebih hemat biaya dibandingkan baterai sekali pakai karena Anda tidak perlu membeli baterai baru setiap kali baterai habis. Cukup gunakan charger untuk mengisi ulang baterai alat bantu pendengaran yang sudah habis. 

Konektivitas

Alat bantu pendengaran tidak hanya memudahkan Anda untuk mendengarkan apa yang sedang orang lain bicarakan atau lingkungan sekitar, tapi juga bisa terhubung ke perangkat lain, seperti ponsel, tv, musik, dan lain-lain. 

Sinkronisasi

Jika Anda menggunakan alat bantu pendengaran di kedua telinga, fitur ini akan sangat membantu dalam menyeimbangkan suara di kedua telinga, contohnya Anda mengubah volume pada alat di telinga kanan, maka secara otomatis alat bantu dengar di telinga kiri Anda juga akan melakukan perubahan.

Cara Merawat Alat Bantu Dengar

Sama seperti telinga yang perlu dijaga dan dirawat kebersihannya, alat bantu dengar pun begitu agar awet dan nyaman untuk digunakan. Berikut cara merawat alat bantu dengar.

  • Simpan di tempat yang kering agar perangkat di dalamnya tidak mudah rusak.
  • Rutin mengganti baterai dan melepaskan baterai saat alat bantu pendengaran tidak digunakan.
  • Bersihkan alat bantu telinga dengan menggunakan kapas kering dan sikat lembut.

Jangan gunakan hairspray atau produk perawatan rambut lain saat memakai alat bantu pendengaran karena cairan dari hairspray tersebut dapat merusak perangkat di dalamnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *